A password will be e-mailed to you.
YIVAluSL9SU

Tiada teknologi yang paling bergaung di dunia Fintech selain Blockchain. Lantas mengapa teknologi ini dikatakan revolusioner?

Blockchain adalah database terdesentralisasi yang mencatat setiap perpindahan data atau transaksi yang dapat dilihat oleh semua orang (Sumber: World Economic Forum)

Definisi yang tidak membantu lebih paham…

Oke, kita sebaiknya langsung menggunakan contoh.

Lebih mudah kalau kita menganalogikan Blochain sebagai suatu bank yang mencatat setiap transaksi nasabahnya. Karena Blockchain adalah teknologi utama yang digunakan untuk perpindahan Bitcoin.

Perkenalkan Yonglek dan Awkirin, partisipan yang akan membantu kita memahami teknologi ini pada aplikasinya dalam distribusi Bitcoin.

Kalau pada bank, ketika Yonglek ingin melakukan transaksi, yaitu memindahkan sejumlah dana ke Awkirin, maka transaksi tersebut akan tercatat pada bank.

Catatan transaksi ini kemudian dapat Yonglek lihat dengan melihat mutasi rekeningnya.

Nah kalau di teknologi ini, catatan transaksi ini disebut sebagai Block. Setiap transaksi yang terjadi akan dicatat sebagai Block dan akhirnya membentuk rangkaian Block (hence, the name).

Yonglek dapat mengakses network Blockchain untuk dapat melihat catatan transaksinya (Block tadi) kepada Awkirin.

Namun yang membedakan teknologi ini adalah, yang dapat melihat mutasi rekening tersebut bukan saja Yonglek. Namun juga Awkirin dan orang-orang lainnya.

Learning Capital Financial Times - Blockchain

Source: Financial Times

Mengapa?

Karena setiap transaksi harus diverifikasi dan disetujui oleh Bitcoin miners yang terhubung oleh network ini.

Untuk ini, kita dapat melupakan Bitcoin miners untuk sementara agar tidak bingung. Kamu dapat memahami lebih lengkap proses pendistribusian Bitcoin di artikel ini.

Berbeda dengan di bank, bahwa transaksi hanya diverifikasi dan disetujui oleh bank yang bersangkutan.

Sehingga pada bank, akses untuk melihat mutasi rekening itu hanya dapat dilihat oleh pemilik rekening di bank tersebut.

Sedangkan pada teknologi ini, seluruh orang yang terhubung dengan network-nya yang bersangkutan dapat melihat seluruh transaksi yang dilakukan.

Inilah yang disebut sebagai database terdersentralisasi (rangkain komputer yang terhubung) dan bukanlah terpusat (satu bank).

Jadi Blockchain sebetulnya adalah buku akuntansi yang dapat dilihat oleh seluruh orang?

Betul sekali. Blockchain disebut juga sebagai Digital Ledger.

Demikian.

%d bloggers like this: