A password will be e-mailed to you.
GmOzih6I1zs

Blockchain adalah teknologi utama dibalik pendistribusian Bitcoin. Bagaimana aplikasinya?

Kamu dapat mengetahui apa itu Blockchain di artikel sebelumnya untuk lebih jelas. Secara sederhana, Blockchain adalah kumpulan catatan transaksi yang dapat diakses oleh siapapun.

Pada artikel sebelumnya, sudah ada contoh sedikit tentang penggunaan Blockchain pada Bitcoin. Namun hanya sebatas kulitnya untuk pemahaman apa itu Blockchain.

Saat ini, kita akan mengetahui mengapa Blockchain adalah teknologi perpindahan data termutakhir yang tidak dapat dibajak.

Tidak dapat dibajak, berarti transaksi tidak dapat dipalsukan. Mengapa bisa seperti itu?

Karena pertama, Blockchain dapat diakses oleh seluruh orang. Kedua, setiap transaksi akan diverifikasi oleh Bitcoin miners.

Siapakah mereka?

Bitcoin miners adalah seseorang atau sekelompok orang yang berlomba dengan sesama Bitcoin miners lainnya untuk memecahkan persoalan matematika sebagai syarat untuk memverifikasi sebuah transaksi dalam blockchain, dengan imbalan Bitcoin.

Wow…wow…sebentar….ini semua membuat saya tidak paham…

Oke baik. Seperti yang sudah diketahui pada artikel sebelumnya, setiap ada transaksi baru akan dicatat dalam bentuk block.

Sehingga block tersebut yang bersifat sebagai mutasi rekening, akan dapat dilihat oleh setiap orang.

Namun, bagaimana caranya block tersebut dikatakan sebagai transaksi yang sah?

Tidak seperti pada perbankan, yang mengatakan transaksi tersebut sah adalah bank tersebut.

Pada Bitcoin, yang menyatakan transaksi tersebut sah dan memastikan yang dipindahtangankan adalah asli dan belum pernah digunakan sebelumnya, adalah Bitcoin miners.

Bagaimana caranya miners melakukan itu?

Blockchain memiliki sebuah protokol.

Ketika pindah dari satu pengguna ke pengguna lain, transaksi tersebut akan tercatat pada block baru. Block memiliki data pengguna, kode unik Bitcoin yang bersangkutan, waktu kejadian, dan lain-lain.

Agar Block tersebut dapat ditempelkan dengan rangkaian block sebelumnya dan dianggap sah, miners harus memecahkan sebuah masalah matematika yang melekat pada block tersebut.

Hasil dari persoalan matematika tersebut ada dua, yaitu sebuah kode unik yang menjadi bukti bahwa block tersebut sah dan Bitcoin sebagai imbalan.

Blockchain yang tahan dengan pembajakan

Yang membuat teknologi ini sulit untuk dibajak adalah kode unik pada block sebelumnya merupakan data penting untuk memecahkan persoalan matematika pada block berikutnya.

Sehingga apabila kamu ingin mengubah transaksi pada block terbaru, maka kamu bukan saja kamu harus membajak seluruh komputer yang terhubung dengan jaringan Blockchain, namun juga seluruh rangkaian block sebelumnya.

Karena setiap persoalan matematika yang terpecahkan menghasilkan imbalan, maka semakin banyak miners bermunculan dan semakin aman pula Blockchain tersebut.

Untuk mencegah agar penggalian tidak terlalu masif, maka Blockchain memiliki algoritma untuk membuat setiap ada persoalan matematika yang baru, tingkat kesulitan untuk memcahkannya akan menjadi lebih sulit.

Jadi seperti inilah penggunaan Blockchain kepada mata uang digital ini. Dipastikan bahwa peprindahan data akan menjadi aman, murah, dan lebih cepat.

Selanjutnya kita akan membahas potensi apa yang muncul dari teknologi teranyar ini.

Demikian.

Sumber gambar utama: Pixabay

%d bloggers like this: