A password will be e-mailed to you.

Blockchain akan merevolusi bagaimana distribusi kekayaan digital bekerja. Kuncinya ada pada potensi Blockchain yang tidak dapat dibajak.

Sebelumnya, telah dijelaskan di sini apa itu Blockchain. Secara sederhana, teknologi ini memungkinkan perpindahan data tanpa perlu pengaturan dari server yang terpusat.

Penggunaannya yang paling terkenal (dan pertama) ada pada di Bitcoin, sebuah mata uang digital. Kamu pun dapat memahami cara kerjanya di sini.

Apa yang akan kita bahas di sini adalah potensi Blockchain yang tidak sebatas pendistribusian mata uang digital, namun perpeindahan data yang tercatat dan tidak tidak dapat dibajak.

Berikut adalah contoh-contoh aplikasi dari Blockchain yang dilansir oleh Business Insider:

Kesehatan

Informasi medis seseorang dapat disimpan pada Blockchain.

Setiap kali seseorang pasian mengalami perubahan dalam jejak medisnya, informasi ini akan terekam pada Blockchain.

Setiap rumah sakit akan terhubung pada Blockchain pasien tersebut. Sehingga seluruh institusi kesehatan dapat melihat informasi apabila diberikan akses oleh pasien tersebut.

Penjualan Kekayaan Hak Intelektual

Sulit sekali melindungi kekayaan hak intelektual seseorang dari pembajak di seluruh dunia.

Setiap musik yang dijual, foto yang diunduh, film yang ditonton, memiliki resiko pembajakan.

Namun dengan teknologi Blockchain, pendistribusian tersebut dapat dijamin tidak dapat dibajak dan hanya mereka yang sudah membayar berhak untuk mendapatkan kekayaan tersebut.

Setiap musik yang diunduh dapat dipastikan unik dan terekam jejaknya ke manapun dia berpindah.

Pembuat konten tidak perlu khawatir lagi bahwa kerja keras mereka dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Identitas dan Hak Memilih

Blockchain dapat memerangi kejahatan perdagangan manusia dengan menyimpan seluruh data penduduk dunia dalam database yang tersebar di seluruh dunia.

Tidak ada lagi pemalsuan identitas karena setiap data diri orang unik.

Dengan itu, maka tidak ada lagi pemilihan eksekutif yang dapat dicurangi. Karena setiap orang tidak dapat memilih dari satu kali dengan teknologi ini.

Investasi

Berjamurnya investasi bodong diamplifikasi karena tidak terekamnya perpindahan dana. Investasi haruslah transparan dan dapat diakses oleh investor untuk keabsahannya.

Blockchain dapat memastikan seluruh perpindahan dana aman dan terlacak.

Siapa yang mengirimkan sejumlah dana, kapan, dan ke mana akan terekam dan dapat diakses oleh seluruh orang. Sehingga meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Demikian.

Sumber gambar utama: Pixabay

%d bloggers like this: