A password will be e-mailed to you.

Peer to Peer Lending sudah banyak bermunculan di kehidupan kita. Tetapi bagaimana cara bekerja P2P sebagai investasi alternatif?

Kalau dulu (setidaknya sebelum tahun 2010) kita lumrah mengenal instrumen investasi di emas (logam mulia), tanah, dan saham. Sekarang, kita mulai banyak terpapar dengan investasi alternatif seperti P2P (Peer to Peer lending)

Sebetulnya bentuk investasi ini tidak baru, tapi menjadi banyak ditemukan karena pengelolaan dan akses untuk investasi ini dipermudah dengan bantuan teknologi dan internet. Sebelum kita memahami cara bekerja P2P, kita perlu memahami apa itu P2P.

Penjelasan P2P

P2P pada hakikatnya adalah aktivitas pinjam meminjam antar individual tanpa menggunakan jasa lembaga keuangan resmi sebagai perantara. P2P disebut investasi alternatif, karena mereka ini merupakan bagian dari peer to peer economy yang dipandang sebagai alternatif dari kapitalisme tradisional.

Kapitalisme menyebutkan bahwa para pekerja tidak memiliki alat dan hasil produksi yang mereka kerjakan, hanya pemilik bisnis yang menguasai alat produksi dan hasil produksi. Sebagai gantinya, para pekerja diupah sebagai bentuk imbalan dari hasil kerja keras mereka.

Peer to peer memastikan bahwa semua orang yang terlibat dalam sebuah transaksi adalah produsen dan/atau pemilik produksi. Kemudian barter hasil produksi mereka sendiri. Salah satu contoh model bisnis peer to peer economy adalah ride sharing seperti Uber. Sederhananya, daripada kita membeli mobil, di mana pemilik bisnis harus mengumpulkan sumber daya untuk membuat satu mobil, lebih murah apabila kita menyewa mobil yang sudah ada untuk keperlua kita sehari-hari. Ini adalah analogi yang memudahkan kita memahami cara bekerja P2P.

Jadi ini pinjam-meminjam atau investasi sih?

Peminjam akan diberikan dana dan wajib melunasinya dalam kurun waktu tertentu, berikut bunganya (atau bagi hasil jika kita masuk ke dalam konteks syariah). Bunga atau nominal bagi hasil inilah yang akan pemberi pinjaman terima sebagai imbal hasil. Jadi kita berinvestasi ke usaha orang.

Cara Bekerja P2P

Menerima permohonan permintaan dana dari peminjam dan mempelajari profil risikonya

Peminjam akan mengisi formulir aplikasi yang dipersiapkan oleh wadah, daring. Permohonan aplikasi tersebut berisi tentang informasi yang dibutuhkan untuk pemberian credit scoring (penilaian kredit) kepada peminjam yang menentukan seberapa layak dan seberapa besar pinjaman yang diberikan. Kalau layak, seberapa besar? Penilaian kredit dihitung menggunakan pendekatan statistik dan melibatkan informasi seperti sejarah pinjaman si peminjam, lancar atau tidaknya pembayaran pinjaman yang lampau, berapa banyak pinjaman yang harus dilunasi oleh si peminjam saat ini, dan lain-lain.

Penilaian kredit ini dapat dilakukan secara mandiri, otomatis secara sistem, atau memperkerjakan pihak independen. Setelah proses penilaian kredit sudah selesai, maka wadah akan mengunggah permohonan dana ini ke sistem mereka sebagai bentuk kesempatan investasi ke dalam sistem agar dapat dipilih oleh pemberi pinjaman.

Mengelola arus investasi dan administratif

Wadah akan penerima setoran dana dari pemberi pinjaman dan mengalokasikan dananya sesuai dengan permintaan pemberi pinjaman ke peminjam pilihannya. Tergantung dari kesepakatan bentuk investasinya, investasi di P2P dapat berupa imbal hasil yang dibagikan setiap bulannya (atau periode lain), atau langsung dikembalikan beserta modal awal. Wadah harus memastikan bahwa pembayaran imbal hasilnya memang sudah sesuai sesuai kesepakatan. Kemudian kebutuhan administrasi lainnya seperti pelaporan proses investasi atau imbal hasil setiap periode yang sudah ditetapkan.

Menjadi Penengah untuk segala perselisihan antar peminjam dan pemberi pinjaman

Investasi tidak lepas dari risiko dan wadah P2P dan P2B yang baik harus memiliki mekanisme yang baik apabila ada keadaan gagal bayar oleh peminjam. Wadah harus menjadi penengah yang baik apabila keadaan-keadaan yang tidak diinginkan terjadi dan memastikan seluruh pemangku kepentingan dipenuhi kebutuhannya.

Demikian, inilah penjelasan mengenai definisi dan cara bekerja P2P.

Sumber: Investree, Koinworks, Akseleran, Artwana, Amartha, Kreditgogo

Gambar utama: bady qb di Unsplash

%d blogger menyukai ini: