A password will be e-mailed to you.

Cara Berinvestasi di Peer to Peer Lending

Membuka Akun

Pastinya kamu diminta untuk registrasi di platform mereka. Lain situs, lain lagi data-data yang mereka butuhkan dari kamu. Namun kamu perlu menyiapkan nomor rekening, hasil pindaian (scanned) KTP, dan NPWP. Setelah menyelesaikan proses registrasi, kamu perlu menunggu platform P2P untuk memverifikasi data kamu (sekitar 1 – 2 hari). Setelah selesai diverifikasi, kamu dapat bertransaksi dan/atau menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan secara menyeluruh.

Pilih ke mana dana investasi kita akan diputar

Cuplikan laman marketplace Amartha
Cuplikan laman marketplace Amartha
Cuplikan laman telusuri KoinWorks
Cuplikan laman telusuri KoinWorks

Ada begitu banyak pilihan untuk dirimu dan bisa disaring dari sisi durasi peminjaman, tujuan pengelolaan investasi (maksudnya apakah dana yang diinvestasikan ini oleh sang peminjam mau dikelola untuk bisnis atau bukan), dan lain-lain.

Meskipun dari sisi tampilan, KoinWorks lebih membuat saya mengurungkan diri untuk berinvestasi daripada Amartha 🙂

Ternyata, nominal pendanaan yang ditawarkan oleh paket-paket investasi Amartha bersifat tetap (jadi kalau di paket investasinya ditulis IDR 3 juta, ya sudah kita investasinya hanya 3 juta saja dan tidak bisa kita atur nominalnya). Kalau di KoinWorks, lebih fleksibel. Nominal bisa kita atur untuk berinvestasi di satu peminjam.

Terima bukti investasi dan tunggu hasil

Setelah sudah membayar, maka kamu akan menerima bukti investasi kamu. Bukti ini dapat diterima melalui surel (email) yang dikirim dari platform pilihan atau dapat dilihat di laman dasbor dan dicetak seperti milik saya dari iGrow di bawah ini. Nanti kamu akan diberitahu secara berkala dana kelolaan investasimu di dasbor.

Artikel ini merupakan lanjutan dari INVESTASI ALTERNATIF: MEMAHAMI CARA BEKERJA P2P yang membahas tentang definisi dan pemahaman cara bekerja peer to peer lending platform

Sumber gambar utama: Unsplash
%d blogger menyukai ini: