A password will be e-mailed to you.

Harga saham disebabkan bukan hanya karena tingkat permintaan dan penawaran. Secara garis besar, hal tersebut disebabkan oleh Faktor Eksternal dan Faktor Internal. Dengan mengetahui akar perubahan harga, arah pergerakan saham dapat Kamu prediksikan.

Pada artikel ini kita akan membahas FAKTOR INTERNAL yang mempengaruhi harga saham, yaitu ketika bagian dari perusahaan tersebut, artinya masih dalam kontrol perusahaannya, yang menyebabkan harga sahamnya naik dan turun. Terdapat 5 faktor, namun tidak terbatas dari:

Manajemen Perusahaan

Perlu diperhatikan kredibilitas dari susunan Dewan Direksi dan Dewan Komisaris, karena mereka yang akan mengarahkan perkembangan perusahaan. Komentar/Keputusan Dewan Direksi juga merupakan arahan bagi investor untuk melihat strategi perusahaan. Faktor lainnya adalah kedekatan politik dengan pemerintahan, karena dapat memberi nilai tambah secara tidak langsung. Jangan berinvestasi kepada manajemen yang tidak Kamu percaya.

Kejadian Lampau vs Ekspektasi Kejadian yang Akan Datang

Meskipun peristiwa lampau bukanlah indikator utama, namun apabila rekam jejak sebuah perusahaan tanpa cela, investor akan lebih mempercayai perusahaan tersebut. Sehingga membuat pergerakan harga saham menjadi lebih stabil. Kepercayaan investor untuk masa mendatang, amat dipengaruhi kejadian di masa lampau. Hindari perusahaan yang gagal membayar hutang-hutangnya!

Kondisi dan Performa Laporan Keuangan

Laporan laba rugi memberi hasil kinerja operasional dan pada arus kas perlu diperhatikan juga apakah ada penggunaan uang yang tidak wajar. Sementara kesehatan posisi seluruh keuangan perusahaan bias terlihat dari Neraca Keuangan. Performa keuangan perusahaan menjadi faktor yang amat penting dan diperhatikan oleh semua investor. Gunakan rasio-rasio keuangan yang relevan untuk dapat menentukan apakah keuangan perusahaan ini sehat atau tidak.

Komentar dari Hubungan Investor

Hubungan Investor yang baik penting karena merupakan cerminan dari komentar dewan direksi. Ini merupakan rangkuman dari beberapa faktor-faktor internal perusahaan yang kiranya dapat mempengaruhi pergerakan saham sebuah perusahaan.

Demikian 5 faktor internal perusahaan yang dapat mempengaruhi harga saham. Perbanyak membaca berita tentang kondisi keuangan dunia dan nasional. Jalin hubungan baik dengan manajer-manajer investasi. Pantau terus corporate action dari kanal berita pilihan Kamu. Kamu dapat menggunakan pengetahuan ini untuk memahami pasar modal lebih baik!

Ditulis oleh Ruliff Demsy

Disunting oleh Dion Maulana

%d blogger menyukai ini: